Musik Patrol Sidoarjo

Alias: Musik Patrol Sidoarjo

Link Referensi: <p>Sumber Lisan : Djoko Supriyadi, 58 tahun</p> <p> <br> </p> <p><a href="https://www.youtube.com/watch?v=wdqN04ycbQU">https://www.youtube.com/watch?v=wdqN04ycbQU</a></p> <p> <br> </p> <p><a href="https://www.youtube.com/watch?v=EbWB97k60A4">https://www.youtube.com/watch?v=EbWB97k60A4</a></p>

Asal: Jawa Timur

Jenis: - Musik - Instrumental

Klasifikasi: Terbuka

Kondisi: Masih Bertahan

Upaya Pelestarian:

  • Promosi Langsung, promosi lisan (mulut ke mulut)
  • Pertunjukan Seni, pameran, peragaan/demonstrasi
  • Selebaran, poster, surat kabar, majalah, media luar ruang
  • Internet
  • Riset

Pelapor: Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo

Kustodian: Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo

Guru Budaya/Maestro: Drs. Djoko Supriyadi


Musik Patrol Sidoarjo diciptakan sekitar pertengahan tahun 1995 oleh Saudara Djoko Supriyadi bersama Saudara Musyafa, Sirojudin, Sururil, Baja, Khudori, Iyo, Wir, Faisol, Usman, Dardiri dan Suyut. Yang semuanya berasal dari Desa Sedatigede RT 11 RW 06 Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Kemudian secara bersama-sama membentuk Grup Musik Patrol ANCAL ANCUL.

Kehadiran Saudara Djoko Supriyadi bersama Kesenian ANCAL ANCUL adalah mendorong/menggerakkan/mengorganisir/mengaransemen lagu-lagu kontemporer dan mengubah atau memodifikasi komposisi alat-alat musik yang dimainkan dalam grup tersebut. Alat-alat musik yang dimainkan dalam kesenian ini adalah kentongan, kempul, bonang, balera, drum plastik tempat ikan, trio snar drum, simbal dan tamborin.

Untuk pertama kalinya pada tahun 1995 di Kabupaten Sidoarjo diselenggarakan Lomba Musik Patrol secara terbuka. Lomba Musik Patrol yang diselenggarakan untuk tingkat Kabupaten Sidoarjo, Panitia Lomba memberikan kebebasan kepada peserta untuk menyajikan komposisi alat, aransemen lagu dan kreativitas dari setiap peserta. Sedangkan Grup Musik Patrol ANCAL ANCUL yang dibina oleh Saudara Djoko Supriyadi berhasil menyajikan komposisi musik yang berbeda sehingga meraih Juara 1 (juara pertama). Kemenangan ini mendorong Saudara Djoko Supriyadi bersama Grup Kesenian ANCAL ANCUL mengikuti lomba lain diantaranya Pekab Budaya Jawa Timur tahun 1996 di Malang dan Lomba Patrol di Surabaya.

Selanjutnya sejak tahun 1997 hingga tahun 2004 diselenggarakan Lomba Musik Patrol baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten Sidoarjo dan Grup Kesenian ANCAL ANCUL yang dibina Saudara Djoko Supriyadi selalu meraih juara pertama.

Kemenangan Grup Musik Patrol  Ancal Ancul diberbagai event lomba menyebabkan komposisi alat/aransemen lagu/komposisi personal/sajian kostum/sajian tampilan/format grup dijadikan contoh dan menjadi kiblat musik grup patrol baru lainnya se Kabupaten Sidoarjo.

Mulai tahun 2005 Saudara Djoko Supriyadi sudah tidak membina Grup Musik Patrol Ancal Ancul namun sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 Saudara Djoko Supriyadi justru menyelenggrakan Lomba Musik Patrol Tingkat Kabupaten Sidoarjo dengan memperebutkan Piala Bergilir Bupati Sidoarjo secara rutin dan konsisten dengan dukungan berbagai pihak.

Usaha dan kiprah Saudara Djoko Supriyadi dalam menciptakan, menggerakkan dan mengkreasi musik Patrol di Kabupaten Sidoarjo, selama hampir 25 tahun menyebabkan tumbuhnya banyak sekali Grup Musik Patrol Baru yang model/bentuk dan formatnya mirip dan tersebar hampir seluruh Desa di Kabupaten Sidoarjo dan pada akhirnya saat ini model/bentuk/format Musik Patrol tersebut menjadi bentuk Kesenian Lokal baru di Kabupaten Sidoarjo.

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?