Kupang Lontong

Alias: Lontong Kupang

Link Referensi: <p><a href="https://www.merdeka.com/jatim/lontong-kupang-sidoarjo-nikmat-dan-wajib-dicoba-ketika-berkunjung-ke-jawa-timur.html">https://www.merdeka.com/jatim/lontong-kupang-sidoarjo-nikmat-dan-wajib-dicoba-ketika-berkunjung-ke-jawa-timur.html</a></p> <p> <br> </p> <p><a href="https://mengenalindonesia.com/gurih-segar-lontong-kupang-khas-sidoarjo-santapan-wajib-saat-berkunjung-ke-jawa-timur/">https://mengenalindonesia.com/gurih-segar-lontong-kupang-khas-sidoarjo-santapan-wajib-saat-berkunjung-ke-jawa-timur/</a></p> <p> <br> </p> <p>&nbsp;</p> <p>Sumber Lisan Dukut Imam Widodo dan Henri Nurcahyo</p>

Asal: Jawa Timur

Jenis: Kemahiran membuat kerajinan tradisional, makanan/minuman tradisional, moda transportasi tradisional

Kondisi:

  • Sedang Berkembang
  • Masih Bertahan

Upaya Pelestarian:

  • Promosi Langsung, promosi lisan (mulut ke mulut)
  • Pertunjukan Seni, pameran, peragaan/demonstrasi
  • Selebaran, poster, surat kabar, majalah, media luar ruang
  • Internet
  • Riset

Pelapor: Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo

Kustodian: Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo

Guru Budaya/Maestro: Misari


Kupang Lontong merupakan salah satu makanan khas asli Sidoarjo, meskipun namanya Kupang makanan ini tidak ada kaitan sama sekali dengan salah satu kota di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Disebut kupang karena bahan dasar makanan ini memang didominasi binatang kupang yang dijaring para nelayan di pesisir pantai Sidoarjo. Bagi yang belum terbiasa dengan makanan ini, kemungkinan akan sedikit mual atau pusing, bila hal itu terjadi bisa dengan meminum Es Degan Ijo untuk menetralkan.

Cara penyajian kupang lontong :

Lontong kupang ini terbilang sederhana karena tiap porsi makanan ini hanya berwujud tumpukan lontong yang ditimbuni setumpuk kupang dan ditemani sebuah lento (bulatan berisi campuran singkong parut, kacang tolom kelapa parut, dan bumbu berupa bawang putih, ketumbar, garam dan gula). Campuran ini masih belum disebut kupang lontong kalau belum disiram kuah kupang. Secara kasat mata, kupang itu bentuknya mirip kerang, tetapi ukurannya sangat kecil (lembut, berdiameter sekitar 2-5 mm) dan berwarna pucat. Sedangkan bumbu kupang lontong berupa campuran gorengan bawang putih yang diiris tipis-tipis, cabe dan petis. Campuran itu digerus dengan sendok di atas piring yang akan disajikan. Selanjutnya, campuran itu diencerkan dengan membubuhinya sedikit kuah kupang. Untuk masalah harga relative murah hanya berkisar 6 -20 ribu rupiah/porsi dan akan lebih nikmat jika dipadukan dengan sate kerang. Makanan ini biasanya dijajakan oleh PKL (pedagang kaki lima) yang berkeliling dari satu desa ke desa lain tetapi terdapat juga Bursa Lontong Kupang di Jl. Raya Gedangan, dimana tempat itu banyak sekali dikunjungi pembeli.

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?