KASAB SULAM EMAS

Alias: KASAB SULAM MANIK-MANIK

Link Referensi: <p>belum ada</p>

Asal: Aceh

Jenis: Kemahiran membuat kerajinan tradisional, makanan/minuman tradisional, moda transportasi tradisional

Kondisi:

  • Sedang Berkembang
  • Masih Bertahan

Upaya Pelestarian:

  • Promosi Langsung, promosi lisan (mulut ke mulut)
  • Pertunjukan Seni, pameran, peragaan/demonstrasi
  • Selebaran, poster, surat kabar, majalah, media luar ruang
  • Radio, televisi, film, iklan
  • Internet

Pelapor: NUR’AINI

Kustodian: Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Aceh Singkil

Guru Budaya/Maestro:

  • ASRA
  • Ny. ATMAH DULMURSID


Kerajinan kasab sulam manik merupakan kerajinan dari kecamatan kuala baru yg secara turun temurun dilestarikan. Kerajinan kasab sulam emas ini sudah banyak memperoleh penghargaan dan meraih juara tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Bahan baku yang digunakan untuk membuat kerajinan kasab sulam emas ini diantaranya kain kasab, benang emas, jarum, dan ragam manik – manik.


Tahap pembuatan kasab sulam emas yaitu, menyediakan kain kasab kemudian menggambar pola desain corak pada kain tersebut. Lalu, kain yang sudah di beri pola dengan motif tertentu di bentangkan, kemudian di sulam menggunakan benang emas dan manik – manik dengan mengikuti pola desain yang sudah di gambar pada kain kasab.


Hingga saat ini, produk kerajinan yg dulu hanya untuk perlengkapan pernikahan kini telah dimodifikasi menjadi berbagai produk rumah tangga, fashion yg lebih inovatif antara lain perlengkapan ruang tamu, baju, tas , selendang dsb. 

Kelompok pengrajin kasab ini dibina terus oleh Dekranasda Aceh Singkil untuk menjadi produk kerajinan yang berkualitas lalu di pasarkan ke wilayah Aceh, Sumatera Barat, Sibolga, Nias dan Jakarta.

Kasab sulam emas /kasab sulam manik-manik ini, merupakan kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat yang dapat digunakan siapapun secara terbuka dan ini salah satu adat yang dipakai oleh masyarakat aceh Singkil apabila ada perayaan. Kasab sulam emas ini menjadi salah satu ciri khas aceh Singkil.

Ciri khas Kasab Sulam Emas ini dipadu padankan dengan manik-manik supaya mempercantik tampilan kasab. Kasab Sulam Emas sudah turun-temurun dilakukan oleh Masyarakat Kuala Baru.

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?