DEPPA TE'TEKAN

Link Referensi: <p>1. <a href="https://www.merdeka.com/peristiwa/penganan-deppa-tetekang-dari-enrekang-teman-asyik-ngeteh-dan-ngopi.html">https://www.merdeka.com/peristiwa/penganan-deppa-tetekang-dari-enrekang-teman-asyik-ngeteh-dan-ngopi.html</a>&nbsp;</p> <p>2. <a href="https://www.youtube.com/watch?v=EWc3cN4ridI">https://www.youtube.com/watch?v=EWc3cN4ridI</a></p> <p>3. <a href="http://reseptradisionalsul-sel.blogspot.com/2013/03/deppa-tetekan-asal-enrekangsul-sel.html">http://reseptradisionalsul-sel.blogspot.com/2013/03/deppa-tetekan-asal-enrekangsul-sel.html</a></p> <p>4. <a href="https://www.kompasiana.com/nurhamna46483/5e999167097f361df514e1d3/deppa-te-tekan-dari-enrekang">https://www.kompasiana.com/nurhamna46483/5e999167097f361df514e1d3/deppa-te-tekan-dari-enrekang</a></p>

Asal: Sulawesi Selatan

Jenis: Kemahiran membuat kerajinan tradisional, makanan/minuman tradisional, moda transportasi tradisional

Kondisi: Masih Bertahan

Upaya Pelestarian:

  • Promosi Langsung, promosi lisan (mulut ke mulut)
  • Radio, televisi, film, iklan
  • Internet

Pelapor:

  • Drs. Harun Sulianto, Bc.IP., S.H.
  • Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd.

Kustodian: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Enrekang

Guru Budaya/Maestro: Sulkifli


Deppa te’tekan merupakan salah satu kue tradisional Enrekang dan pada mulanya atau zaman dahulu hanya dapat dijumpai ketika ada upacara perkawinan, upacara adat, dan hajatan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kue ini sudah dapat dijumpai atau dibeli setiap saat di Enrekang dan menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Enrekang.

Bahan pembuatan Kue Deppa Te’tekan terdiri dari:

- tepung beras

- gula merah & gula pasir

- wijen

- air

- minyak kelapa/minyak goreng.

Cara pembuatan Kue Deppa Te’tekan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan alat masak yaitu kuali, kemudian masukkan air setengah gelas dan ditambahkan dengan gula merah/aren yang telah dihaluskan.
  • Setelah semua gula tercampur merata dan mencair semua, maka masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sampai semua masuk dan diaduk terus sampai tercampur merata.
  • Masak terus adonan sampai mengental dan masak tandanya yaitu apabila dipukul-pukul dengan jari tangan maka adonan tidak lengket di jari tangan.
  • Dinginkan adonan, setelah dingin ratakan adonan dengan lebar sekitar 15 – 20 cm dengan tebal sekitar 0,5 cm dengan menggunakan pipa Paralon ukuran 2 inci terus adonan disiapkan di atas plastic yang telah dilumuri minyak makan (supaya tidak lengket) dan ditekan sambil didorong berputar kemudian ditaburi wijen secukupnya (bahasa aslinya dilole’) Kemudian adonan yang telah rata dipotong-potong dengan bentuk khas Deppa Te’tekan yaitu bentuk jajaran genjang.
  • Siapkan kuali yang telah diisi dengan minyak goreng dan panaskan.
  • Masukkan Deppa Te’tekan siap goreng secukupnya sesuai dengan banyaknya minyak goreng dan goreng sampai matang dan mengembang.
  • Tiriskan dan Kue Deppa Te'tekan siap disajikan.

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?