KOPI BONTOCANI

Asal: Sulawesi Selatan

Jenis: KOPI

Pelapor:

  • Ir. H. Khalil, M.T.
  • Anggoro Dasananto, S.H.


Wilayah Sulawesi Selatan yang sebagian besar berupa pegunungan membuat daerah-daerahnya memiliki banyak jenis kopi, yang memiliki ciri khas masing-masing. Tidak terkecuali di Kab. Bone. Wilayah Kab. Bone yang sebagiannya berupa pegunungan menyimpan potensi alam pertanian dan perkebunan yang melimpah. Di wilayah Kec. Bontocanni, terdapat produksi kopi arabika dan robusta yang dikenal masyarakat sebagai Kopi Bontocanni. Kopi Bontocani merupakan salah satu kopi asli dari Bone yang belum begitu dikenal seperti halnya kopi Toraja.

Kopi Bontocani memiliki kekuatan pada lahan tanah yang belum pernah disentuh bahan kimia.  Tentu hal itu memengaruhi orisinalitas dari biji kopi tanpa sentuhan kimia atau pestisida. Rasa kopi Robusta Bontocani ini memiliki keunikan, rasa fruity dan karakter pahit bersatu. Rasa dan aroma fruity itu muncul karena Kopi Bontocani ini hanya ditanam di bawah pohon nangka, pohon cengkeh dan pohon pinus.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Bone, pada tahun 2020 yang lalu, Kecamatan Bontocani adalah wilayah di Kabupaten Bone yang menghasilkan 281 ton kopi yang terdiri dari tiga varian yakni Arabika, Robusta dan Exelsa. Dengan kondisi alam yang mendukung untuk memproduksi kopi yang melimpah dan berkualitas. Maka kini, kopi khas Bontocani, mulai dilirik dan dikembangkan dengan sungguh dan masif oleh pemerintah desa setempat. Dengan mulai dikenalnya kopi Bontocani oleh para pencinta kopi diharapkan nantinya mampu bersaing dengan Kopi Toraja yang lebih duluan dikenal luas oleh masyarakat luas.


Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?