Ikan Semah

Link Referensi: Sumber : <br />* Kanwil Kemenkumham Prov. Jambi<br />* http://kerinciinspirasi.blogspot.co.id/2015/05/ikan-semah-ikan-asli-kerinci-yang.html

Asal: Jambi

Jenis:

Pelapor: Bambang Palasara, S.H


ikan Semah, ikan ini hanya ada di Kerinci, saat ini cukup sulit masyarakat mendapatkan dan menemukan ikan asli Kerinci di pasaran. Kondisi ini telah dirasakan masyarakat Kerinci sejak lima tahun terakhir. "Pengembangan Danau Kerinci menjadi tempat budidaya ikan air tawar, seakan memberikan harapan baru bagi nelayan. dan adanya bantuan dari pemerintah, jumlah ikan bisa terus bertambah. Sehingga penghasilan masyarakat juga meningkat.

Beberapa jenis ikan khas Kerinci kini mulai sulit ditemukan, seperti ikan semah yang harganya menyamai harga daging sapi, ikan medik, ikan sekak, dan beberapa jenis ikan lainnya.
Ikan semah ini, sebenarnya telah masuk sebagai ikan langka, karena pola perkembangannya tak sesuai dengan kebutuhan warga yang ingin menangkap sejak bertahun-tahun yang lalu, ikan yang hidup di arus deras ini menjadi susah didapat oleh masyarakat Kerinci. Nah apa tidak ada usaha menjaganya?.

Budidaya ikan semah memang sangat sulit. Kalau ikan biasa, telurnya mencapai 300, dan akan menetas sekitar 250. sedangkan Ikan Semah, dari 300 telur, hanya menetas sekitar 35 ekor saja. Ikan Semah, ikan ini hanya ada di Kerinci, saat ini cukup sulit masyarakat mendapatkan dan menemukan ikan asli Kerinci di pasaran. Kondisi ini telah dirasakan masyarakat Kerinci sejak lima tahun terakhir. "Pengembangan Danau Kerinci menjadi tempat budidaya ikan air tawar, seakan memberikan harapan baru bagi nelayan. dan adanya bantuan dari pemerintah, jumlah ikan bisa terus bertambah. Sehingga penghasilan masyarakat juga meningkat.

Zaman dahulu ikan semah cukup mudah menemukannya, karena sungai-sungai di daerah kerinci masih banyak terdapat ikan semahnya dan juga didanau Kerinci merupakan habitat ikan semah cukup banyak pada dahulunya tapi kini ikan semah sudah mulai langka dan di sungai sungai ikan semah sudah sangat sulit di temukan, sungai-sungai yang mengalir di hutan dulunya juga banyak terdapat ikan semahnya.Karena semakin langkanya ikan semah, ikan asli kerinci ini maka sangat di perlukan kepedulian masyarakat terutama pemerintah daerah untuk membudidayakan ikan semah dalam rangka melestarikan fauna asli kerinci tersebut.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kerinci telah mencoba melakukan pengembangan ikan ikan semah, diantisipasi dengan cara menerapkan program minapolitan (produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa, dan/atau kegiatan pendukung lainnya).

Kementerian Perikanan dan Kelautan, telah menerapkan program minapolitan yang merupakan satu strategi untuk menumbuh kembangkan ikan khas di perairan Kerinci, terutama di Danau Kerinci. “Untuk antisipasi kita lakukan pembibitan di BBI, ditambah dengan bantuan benih ikan dari Dirjen Perikanan, termasuk pembibitan ikan spesifik Kerinci

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?