Ikan NIKE

Alias: Ikan DUO

Link Referensi: JURNAL ILMU-ILMU PERAIRAN PESISIR DAN PERIKANAN: NURALIM PASISINGI DAN SUPRAPTI ABDULLAH. 2018. POLA KEMUNCULAN IKAN NIKE (GOBIIDAE) DIPERAIRAN TELUK GORONTALO, INDONESIA.

Asal: Gorontalo

Jenis:

Pelapor: Ir. Sila Nurainsyah Botutihe, M.Si


NIKE MERUPAKAN SALAH SATU SPESIES IKAN YANG DITEMUKAN DIPERAIRAN GORONTALO YANG DIKENAL BERASAL DARI KELOMPOK GOBIIDEA. IKAN NIKE MERUPAKAN SALAH SATU SPESIES IKAN YANG DITEMUKAN DIPERAIRAN GORONTALO YANG DIDUGA SEBAGAI IKAN ENDEMIK. OLII ET AL. (2017) MENYEBUTKAN BAHWA IKAN NIKE ADALAH LARVA AWAOUS MELANOCEPHALUS. 
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA PERIODE KEMUNCULAN IKAN NIKE SETIAP BULAN DIMULAI DARI AREA TELUK DAN BERGERAK KEARAH MUARA. KEMUNCULAN IKAN NIKE YANG DIMULAI DIPERAIRAN TELUK GORONTALO BAGIAN TIMUR TERJADI PADA BULAN MARET, APRIL DAN MEI 2018. IKAN NIKE TERMASUK JENIS IKAN AMPHIDROMY. IKAN AMPHIDROMY ADALAH SALAH SATU SIKLUS HIDUP DIADROMOUS IKAN, DIMANA INDUK IKAN MEMIJAH DIAIR TAWAR DAN SESAAT SETELAH TELUR MENETAS LARVA HANYUT TERBAWA ARUS SUNGAI KEARAH HILIR MENUJU LAUT. LARVA IKAN TUMBUH DAN BERKEMBANG DILAUT KEMUDIAN KEMBALI KE AIR TAWAR UNTUK BEREPRODUKSI. YAMASAKI DAN TACHIHARA (2006) MENYEBUTKAN BAHWA PANJANG TOTAL LARVA AWAOUS MELANOCEPHALUS SESAAT SETELAH MENETAS BERUKURAN 0,93-1,04 MM. UKURAN LARVA IKAN YANG BARU SAJA MENETAS YANG BERUKURAN SANGAT KECIL INI DIDUGA MENYEBABKAN LARVA IKAN NIKE SULIT DIKENALI SAAT HANYUT TERBAWA ARUS SUNGAI MENUJU KEARAH MUARA. BERDASARKAN HASIL PENELITIAN, IKAN NIKE DIPERAIRAN TELUK GORONTALO BAGIAN TIMUR DAN BARAT TIDAK PERNAH MUNCUL DIPERIODE YANG BERSAMAAN. DENGAN KATA LAIN DAPAT DIKEMUKAKAN BAHWA APABILA IKAN NIKE MUNCUL DIBAGIAN TIMUR PERAIRAN TELUK PADA BULAN TERTENTU, MAKA IKAN NIKE TIDAK DITEMUKAN DIBAGIAN BARAT TELUK GORONTALO PADA BULAN TERSEBUT DAN BEGITU PULA SEBALIKNYA.
PERIODE KEMUNCULAN IKAN NIKE SETIAP BULAN DIMULAI DARI AREA TELUK DAN BERGERAK KEARAH MUARA. KEMUNCULAN IKAN NIKE YANG DIMULAI DIPERAIRAN TELUK GORONTALO BAGIAN TIMUR TERJADI PADA BULAN MARET, APRIL DAN MEI. SEDANGKAN KEMUNCULAN IKAN NIKE DIMULAI DARI AREA BARAT TELUK TERJADI PADA BULAN JUNI DAN JULI. SECARA KESELURUHAN, DURASI KEMUNCULAN IKAN NIKE DIPERAIRAN TELUK GORONTALO TERJADI SELAMA 3 SAMPAI 9 HARI DIFASE BULAN AKHIR DAN BULAN BARU.

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?