BABARIT

Link Referensi: - Profil Seni Dan Budaya Kabupaten Kuningan - Pemerintahan Kabupaten Kuningan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan<br />- https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar/upacara-tradisional-babarit-di-kabupaten-kuningan/. Upacara Tradisional Babarit di Kabupaten Kuningan.<br /><span style="color: #222222; font-family: Verdana, Geneva, sans-serif; font-size: 15px; text-align: justify;">Sumber:</span><br style="box-sizing: border-box; color: #222222; font-family: Verdana, Geneva, sans-serif; font-size: 15px; text-align: justify;" /><span style="color: #222222; font-family: Verdana, Geneva, sans-serif; font-size: 15px; text-align: justify;">Ani Rostiyati dkk, “Inventarisasi Karya Budaya di Kabupaten Kuningan”, </span><em style="box-sizing: border-box; color: #222222; font-family: Verdana, Geneva, sans-serif; font-size: 15px; text-align: justify;">Laporan Penginventarisasian dan Pencatatn Karya Budaya Kabupaten Kuningan</em><span style="color: #222222; font-family: Verdana, Geneva, sans-serif; font-size: 15px; text-align: justify;">, Bandung: BPNB Jabar, 2018.<br /></span>- https://id.wikipedia.org/wiki/Babarit

Asal: Jawa Barat

Jenis: Upacara Adat - Upacara Adat - Upacara, Upacara Adat - Ritual

Klasifikasi: Sakral

Kondisi: Masih Bertahan

Upaya Pelestarian: Pertunjukan Seni, pameran, peragaan/demonstrasi

Kustodian: masyarakat Desa Sagarahiang


Hajad desa atau yang sering kenal dengan nama babarit merupakan adat-istiadat yang turun menurun pada masyarakat sunda dalam mensyukuri limpahan kekayaan alam. Babarit ini secara rutin di selenggarakan oleh masyarakat desa Kabupaten Kuningan hal ini dalam upaya melestarikan serta menjunjung  tinggih nilai-nilai budaya dan adat istiadat, selain itu juga babarit menjadi sarana syukuran terhadap limpahan kekayaan alam yang di miliki sekaligus juga memperingati hari jadi desa.Dengan adanya acara babarit ini di harapkan masyarakat desa khususnya serta warga masyarakat Kabupaten Kuningan pada umumnya menjadi masyarakat yang maju dan sejatra serta terhindar dari berbagai musibah. Adanya acara babarit  ini meningkatkan jalinan silaturahmi diantara warga masyarakat desa juga meningkatkan gotong-royong dalam membangun.

Kuningan memiliki tradisi-tradisi budaya khas yang di lakukan oleh pedesaan Kabupaten Kuningan yaitu Hajat Sabumi. Acara ini di sajikan beberapa jenis kesenian diantaranya: kliningan dan tarian-tarian sejenis tari tayub. Sekaitan dengan ini fenomena tradisi atas, di desa sekerta timur Kabupaten Kuningan tradisi lama yaitu tradisi upacara babarit, dan upacara ini merupakan bagian dari ruwatan bumi sebagai bentuk upaya masyarakat untuk menghalau hama yang menyerang tanaman padi. Istilah/nama Babarit yang berasal dari kata “Babar” artinya lahir, maka kelahiran ini diperingati menjadi ulang tahun Desa Sakerta bagian timur yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan jumadilakhir sebagai symbol perpindahan bulan dari bulan yang mengurus tentang urusan lahir atau dunia menjadi bulan urusan bulan akhirat(Rajab, Rowah, dst).

Tentang asal usul Babarit, bahwa Sang Hiang Kirita yang dimaksud biasanya disebut dedemit tetapi bukan berarti syetan, dedemit yang dimaksud adalah menghilang.

Bagikan artikel ini

Apakah konten ini membantu?